Sekilas Tentang Interaksi Manusia dan Komputer [IMK]
Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer (IMK).
Ilmu yang mempelajari hubungan interaksi antara manusia dan komputer. Agar interaksi ini terjadi dibutuhkan bantuan interface agar manusia dapat memberikan inputan ke komputer, dan sebaliknya computer memberikan reaksi yang diminta sehingga diperoleh hasil yang diharapkan oleh manusia (user).
Tujuan IMK.
- Menghasilkan sistem yang :
- Bermanfaat (usable) : Sistem mudah digunakan dan dipelajari.
- Aman (safe)
- Efektif
- Efisien
- Utilitas : Sistem dapat meningkatkan efektifitas dan efisien kerjanya.
- Mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.
Tujuan mempelajari IMK.
Ø Dapat membuat
interface yang baik.
Ø Meminimalkan kesalahan di interface.
Ø Membuat sistem computer yang user-friendly.
Dalam berinteraksi dengan komputer, pertama
kali user akan berhadapan dengan perangkat keras komputer. Untuk dapat
berinteraksi dengan software, user dihadapkan dengan seperangkat alat seperti
keyboard, monitor, mouse, joystick, dan lain-lain, dan user harus dapat
mengoperasikan alat-alat tersebut. Selanjutnya, user berhadapan dengan
macam-macam tampilan menu, perintah, atau macam-macam ikon. Peralatan,
perintah, ikon dan lain-lain itu dikenal dengan nama interface (antarmuka).
Interface ini merupakan lapisan pertama yang langsung bertatap muka dengan
pemakai.Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah interface adalah :
1. Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah interface.
2. Metode implementasi interface.
3. Metode evaluasi dan perbandingan interface.
4. Pengembangan interface baru.
5. Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah interface baru.
Untuk membuat interface yang baik, dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, seperti :
1. Teknik elektronika & ilmu computer.Memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem IMK/HCI
2. Psikologi.Memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik user.
3. Perancangan grafis dan tipografi.Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & computer
4. Ergonomik.Aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.Misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja.
5. Antropologi.Ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
6. Linguistik.Mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah.
7. Sosiologi.Pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.
8. Bisnis.Memahami tentang pemasaran.
Contoh IMK dalam kehidupan sehari-hari :
1. Handphone.
2. Komputer. Penggunaan Komputer atau laptop
Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi/berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse, kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).
3. Situs Website
Situs web merupakan salah satu aplikasi sistem komputer yang banyak digunakan oleh manusia saat ini. Selain akses yang mudah dan jaringan yang luas, informasi-informasi sangat mudah didapatkan melalui sistem ini. Pencapaian informasi tersebut tentunya sangat terkait dengan desain antarmuka. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, begitu banyak hal yang dapat mengakibatkan kegagalan pada pengguna. Sangat disayangkan apabila informasi-informasi yang sangat mudah didapatkan melalui situs-situs web tidak dimaksimalkan atau justru memberikan dampak buruk bagi penggunanya.
4. Mesin ATM. Penggunaan Automatic Teller Machine (ATM)
Pada ATM yang biasa kita gunakan juga merupakan sebuah Interaksi Manusia dan juga Komputer. Pada sebuah ATM kita dapat melihat sebuah sistem antarmuka (Interface), kita dapat melihat menu-menu yang tesedia pada layar ATM. Melakukan transfer, cek saldo, dsb.
5. Internet banking.
6. Penggunaan Laser Pada Operasi Medis
Pada bidang kedokteran IMK juga banyak berperan, seperti Sistem pakar, Operasi medis menggunakan bantuan laser,dsb. Mesin yang telah di desain (coding) sedemikian rupa akan di jalankan untuk melakukan operasi. Spesialis (dokter) melakukan penentuan koordinat pada bagian tubuh yang akan di lakukan operasi. Maka, input atau yang di lakukan Dokter ini akan di terima oleh Mesin, dan akan langsung segera di lakukan pembedahan
7. Lampu lalu-lintas. Dan lain-lain.
Dampak interaksi manusia dan komputer
a.
Dampak positif teknologi di bidang sosial
-
Perbedaan kepribadian pria dan
wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi
sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis.
Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan
pria semakin menonjol.
-
Meningkatnya rasa percaya diri.
Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik.
Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan
ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat
tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
-
Tekanan, kompetisi yang tajam di
berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan
generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
Sementara
dampak negatif yang diberikan terhadap dibidang sosial adalah :
1.
Kemerosotan moral di
kalangan warga masyarakat, khususnya di
kalangan remaja
dan pelajar.Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya
pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga
masyarakat menjadi “kaya dalam materitetapi miskin dalam rohani”.
2. Kenakalan dan tindak menyimpang di
kalangan remaja semakin meningkat
semakin lemahnyakewibawaan tradisi-tradisi yang ada di
masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong
telah melemahkan kekuatan-kekuatan
sentripetal yang berperan penting dalam menciptakankesatuan sosial. Akibatnya bisa dilihat bersama, kenakalan
dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan
pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti
perkelahian, corat-coret,pelanggaran lalu lintas sampai tindak
kejahatan.
3.
Pola interaksi antar manusia yang berubah kehadiran komputer pada kebanyakan
rumah tanggagolongan menengah ke
atas telah merubah pola interaksi keluarga.
Komputer yang disambungkandengan telpon telah membuka peluang bagi siapa
saja untuk berhubungan dengan dunia luar.Program internet relay chatting (IRC)
internet dan e-mail telah membuat orang asyik dengan
kehidupannya sendiri.
Selain itu tersedianya berbagai warnet memberipeluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet. Kini semakin
banyak orang yang menghabiskanwaktunya sendirian dengan komputer. Melalui
program internet relay chatting (IRC) anak-anakbisa asyik mengobrol dengan
teman dan orang asing kapan saja.
b. Dampak
teknologi komputer di bidang ekonomi
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang
sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya
antara lain:
1.
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2.
Terjadinya industrialisasi
3.
Produktifitas dunia industri semakin
meningkat
4. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk
selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan
teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan
kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah
tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya,
pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja
yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan
kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
5.
Di bidang kedokteran dan kemajauan
ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi
Dalam
bidang ekonomi, kemajuan internet terutama pada aplikasi mesin pencari
memudahkan suatu perusahaan dalam melihat target pasar dari perusahaan
tersebut. Selain itu, teknologi internet juga
membawa suatu perubahan pasar yakni saat ini transaksi penjualan/pembelian
tidak hanya dapat dilaksanakan ketika penjual dan pembeli bertemu secara
langsung namun dalam dunia maya sekalipun. Contoh transaksi jual beli yang
biasa kita temukan di internet seperti Shopping Online, Penjualan tiket
pesawat, dll.
Kemajuan
teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari
aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan
reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin
meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan
teknologi di dunia industri akan semakin penting.
Memandang positif dan negatif kemajuan teknologi, bagi
kemaslahan bangsa dan umat islam khususnya. Adalah control secara internal
mulai dari keluarga untuk mengenalakan dan mengawasi anak didik dari dampak
negatif itu sendiri, dan pemerintah khususnya badan-badan yang bewenang
menangani untuk mengambil langkah tepat untuk mengurangi dampak dari kemajuan
sisi buruk teknologi itu sendiri. kian pesatnya kemajuan teknologi jangan kita
jadikan hantu boomerang untuk kita tidak berani terbuka dan maju.peran penting
bangsa elemen-elemen pemerintah, masyarakat dan keluarga adalah payung untuk
menghindari dan mengurangi dampak negatif media itu sendiri
DAMPAK POSITIF DAN
NEGATIv Pengaruh TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA
Pengaruh globalisasi dengan dukungan
teknologi informasi seperti pedang bermata dua disatu sisi kita tidak dapat
menyangkal manfaat dan ancaman yang dibawanya, jadi manfaat disebut juga
pengaruh positif dan ancaman disebut pengaruh negatif.
(+) Positif
Pengaruh positif yang dapat dirasakan dengan
adanya Teknologi Informasi adalah peningkatan kecepatan, ketepatan,
akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai bidang khususnya
dalam masalah waktu, tenaga dan biaya. Sebagai contoh manifestasi Teknologi
Informasi yang mudah dilihat di sekitar kita adalah pengiriman surat hanya
memerlukan waktu singkat, karena kehadiran surat elektronis (email), ketelitian
hasil perhitungan dapat ditingkatkan dengan adanya komputasi numeris,
pengelolaan data dalam jumlah besar juga bisa dilakukan dengan mudah yaitu
dengan basis data (database), dalam kegiatan ekonomi sudah dilakukannnya
E-banking, E-comerce,E-shopping dan masih banyak lagi.
(-) Negatif
Sedangkan pengaruh negatif yang bisa muncul
karena adanya Teknologi Informasi misalnya dari globalisasi aspek ekonomi,
terbukanya pasar bebas memungkinkan produk luar negeri masuk dengan mudahnya.
Dengan banyaknya produk luar negeri dan ditambahnya harga yang relatif lebih
murah dapat mengurangi rasa kecintaan masyarakat terhadap produk dalam
negeri.
Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk
dalam negeri menunjukkan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita
terhadap bangsa Indonesia dan penipuan serta pembobolan keuangan melalui media
elektronis juga akibat dari kegiatan ekonomi yang semakin mudah.
No comments:
Post a Comment